Berita

Sukses Deklarasi DPC APKAI Kabupaten Cilacap

Deklarasi DPC APKAI (Asosiasi Petani Kakao Indonesia) Kabupaten Cilacap berjalan dengan sukses. Kegiatan ini digelar di kediaman Romelan S.Sy Anggota DPRD Cilacap pada 7 Juli 2018. Hadir pada acara ini pengurus DPD APKAI Jawa Tengah, Komunitas Pancimas, Petani Kakao Cilacap, dan mahasiswa KKN UGM.

Selain pengukuhan pengurus DPC APKAI Cilacap, juga digelar diskusi group terfokus mengenai potensi kakao/coklat.

Adapun susunan pengurus DPC APKAI Cilacap sebagai berikut :

 

Sekilas Tentang APKAI

Asosiasi Petani Kakao Indonesia, keberadaannya mewakili komunitas petani kakao yang menyebar didaerah-daerah.  Merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pembangunan perkebunan perkakaoan nasional, merupakan wahana komunikasi dan kerjasama antar sesama petani kakao, maupun dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Asosiasi Petani Kakao Indonesia terbentuk pada tanggal 14 Oktober 2000 di Surabaya. Melaksanakan Munas untuk pertama kalinya di Bandar Lampung pada tanggal 23 Juli 2003 dan Rakernas yang pertama kalinya di Makasar Sulawesi Selatan pada tanggal 8 – 10 September 2003.

Asosiasi Petani Kakao Indonesia bertekad untuk meningkatkan produktifitas kakao, meningkatkan mutu produk dengan berbagai upaya melalui kelembagaan petani kakao yang kuat, untuk meningkatkan posisi tawar (bargaining position) dengan kegiatan intensifikasi dan rehabilitasi perkebunan, kegiatan pengolahan dan pemasaran hasil yang efisien.

Untuk itu Asosiasi Petani Kakao Indonesia mengajak kepada semua petani kakao untuk melakukan budidaya kakao secara benar. Mulai pemangkasan, pemupukan dan pasca panen yang benar, sehingga terdapat kakao yang bermutu dan berdaya saing tinggi.

Comment here